Cara Mengetahui WiFi Kita Dipakai Orang Lain - another words

Popular

Banner Ads

Kamis, 03 Desember 2020

Cara Mengetahui WiFi Kita Dipakai Orang Lain

Foto : cleanpng.com


Pontianak, - Kamu sedang asyik-asyiknya internetan tapi kok tiba-tiba jadi lambat tidak seperti biasanya, hal ini bisa disebabkan beberapa hal kondisi jaringan yang memang sedang bermasalah, gangguan cuaca, atau jaringan WiFi kamu sedang dipakai oleh orang lain.

Waduh, pastinya panik dong, ketika lagi kerja atau sedang ada urusan penting tiba-tiba terjadi gangguan internet atau kecepatan internet melambat tentunya akan mengganggu kamu yang sedang asyik bekerja atau hal lainnya.

Tapi mari jangan berpikir yang aneh-aneh dulu, meskipun dalam keadaan panik, atau kesal tetap sabar dan mari kita analisa secara bersama.

Hal yang pertama mesti kita lakukan pertama kali adalah :

  • Cek Perangkat Lainnya
Menggunakan jaringan wireless atau nirkabel tentunya ada nilai plus dan minusnya, nilai plusnya kamu tidak perlu dihadapkan dengan kabel dan lain sebagainya, tetapi minusnya adalah kekuatan sinyal jaringan wireless tidak begitu kuat, tergantung dan modem / router yang kamu miliki, jadi silahkan di cek dulu perangkat lainya, apakah hanya laptop / komputer saja yang bermasalah ada keseluruhan. Pastikan juga sinyal WiFi yang kamu miliki kuat atau full, karena jika tidak tentunya akan mempengaruhi kecepatan dari internet.

  • Perika Modem / Router
Langkah selanjutnya adalah mengecek Modem / Router yang kita miliki, apakah semua indikator lampu hidup, atau ada beberapa lampu yang tidak hidup, dan juga perhatikan ada beberapa lampu yang memang tidak hidup, jika di rumah Anda tidak memiliki perangkat yang terhubung menggunakan jaringan kabel, jadi silahkan di perhatikan. Jika Modem / Router Anda tidak ada masalah dan berhubung dengan baik namun internet tetap saja lambat, Anda juga bisa merestart router Anda, dengan menekan tombol power OFF kemudian ON kan kembali.

  • Periksa Perangkat yang terhubung ke Modem / Router
Untuk langkah ini, diharapkan Anda masih menyimpan password admin untuk setting Router Anda. Tetapi biasanya untuk standard yaitu username dan password adalah admin, admin. Selama Anda tidak merubah ini tentunya langsung login saja. untuk login dan melakukan setting Router Anda.
  • Silahkan Buka Browser di Laptop, Smartphone, Komputer Anda.
  • Ketikan 192.168.1.1 atau 192.168.0.1, silahkan di sesuaikan dengan IP Default Router masing-masing untuk mengakses panel admin.
  • Setelah masuk kedalam panel admin, silahkan perangkat yang terkoneksi di router Anda, biasanya pada saat login akan muncul perangkat apa saja yang terhubung.
  • Namun kok beda namanya hanya angka dan huruf mungkin ada beberapa yang memiliki nama seperti merk hp.
  • Silahkan cek di masing-masing perangkat yang Anda miliki, ada berapa totalnya, jika ada lebih dari yang tidak seharusnya, besar kemungkinan ada yang terhubung ke jaringan Anda.

Diatas adalah langkah-langkah untuk panel admin, untuk mengetahui setiap perangkat yang Anda miliki silahkan cek di setiap perangkat MAC Address masing-masing perangkat.

Mengecek MAC Address di Smartphone : 
  • Silahkan buka Menu Setting
  • Pilih Wifi
  • Pilih Settingan Tambahan / Additional Setting
  • Silahkan scroll ke bawah maka akan ada tertulis MAC Address dan IP Address dari smartphone tersebut.
Silahkan dicocokan dengan router Anda, dan silahkan ubah nama perangkat di Router Anda mungkin tidak semua bisa router dapat melakukan ini, jadi silahkan di catat saja, biar Anda tidak lupa dan tidak perlu mengecek kembali.

Mengecek MAC Address di Komputer / Laptop
  • Tekan tombol pada keyboard Logo Windows + R lalu ketikkan cmd.
  • Akan muncul tampilan Prompt dari Command Prompt, kemudian ketikkan "ipconfig"
  • Maka akan muncul banyak sekali angka silahkan lihat khususnya pada ipv4
  • silahkan cocokkan IP Address tersebut dengan modem router Anda, jika ada silahkan rubah namanya dan sesuaikan.
Setelah semua perangkat dirumah Anda sudah terdata dan sudah diberi nama, maka jika ada perangkat yang tidak dikenal tentunya Anda akan langsung segera mengetahui, untuk selanjutnya kita akan membahas bagaimana mengatasinya.

  • Ada Perangkat Tidak Dikenal Terhubung ke Modem / Router
Dalam hal ini ada beberapa yang dapat Anda lakukan : 
1. Merubah Password Wifi
2. Memblokir perangkat yang tidak dikenal dan terhubung ke Modem / Router kita

Dalam hal ini tidak lah sulit untuk dilakukan Anda hanya perlu mengklik Nama dari MAC Address atau IP Address dari perangkat yang tidak dikenal kemudian pilih blokir.

Selamat Anda sudah mengamankan Internet Anda dari penyusup yang memakai interner tanpa sepengetahuan Anda.

Sekian tips yang saya dapat berikan kali ini, namun jika Anda masih memiliki masalah dengan kecepatan internet yang lambat, silahkan hubungi provider internet Anda, agar dapat ditangani langsug oleh yang bersangkutan.

Semoga bermanfaat info kali ini, Terima Kasih !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar