User Acceptance Test ( UAT ) Apa itu ? - another words

Popular

Banner Ads

Kamis, 18 Agustus 2016

User Acceptance Test ( UAT ) Apa itu ?

User Acceptance Test (UAT) atau Uji Penerimaan Pengguna adalah suatu proses pengujian oleh pengguna yang dimaksudkan untuk menghasilkan dokumen yang dijadikan bukti bahwa software yang telah dikembangkan telah dapat diterima oleh pengguna, apabila hasil pengujian (testing) sudah bisa dianggap memenuhi kebutuhan dari pengguna.
Proses UAT didasarkan pada dokumen requirement yang disepakati bersama. Dokumen requirement adalah dokumen yang berisi lingkup pekerjaan software yang harus dikembangkan, dengan demikian maka dokumen ini semestinya menjadi acuan untuk pengujian.

Proses UAT

Proses dalam UAT adalah pemeriksaan dan pengujian terhadap hasil pekerjaan. Diperiksa  apakah item-item yang ada dalam dokumen requirement sudah ada dalam software yang diuji atau tidak. Diuji apakah semua item yang telah ada telah dapat memenuhi kebutuhan penggunanya.

Jenis-jenis pengujian pada perangkat lunak

Pengujian pada perangkat lunak juga beragam kita dapat menggunakan teknik UAT ataupun teknik lainnya, seperti berikut :

  • Pengujian White Box
  • Pengujian Black Box
  • Pengujian Basis Path
  • Pengujian Struktur Control

Pengujian White Box


Pengujian yang didasarkan pada pengecekan terhadap detail perancangan, menggunakan struktur control dari desain program secara prosedural untuk membagi pengujian ke dalam beberapa kasus pengujian, sehingga dapat diambil kesimpulan white box testing merupakan petunjuk untuk mendapatkan program yang benar secara 100%.





Pengujian Black Box


Black box testing merupakan pengujian yang berfokus pada spesifikasi fungsional dari perangkat lunak, tester dapat mendefinisikan kumpulan kondisi input dan melakukan pengetesan pada spesifikasi fungsional program.






Pengujian Basis Path


Metode ini memungkinkan perancang test case mendapatkan ukuran komplek logical dari perancangan prosedural dan menggunakan ukuran ini sebagai petunjuk unutk mendefinisakn basis set dari jalur pengerjaan. Test case yang didapat digunakan untuk mengerjakan basis set yang menjamin pengerjaan setiap perintah minimal satu kali selama uji coba.

Pengujian Struktural Control

Pengujian yang dimana sebuah metode desain test case yang menggunakan kondisi logis yang ada pada suatu proram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar