Berapa Harga Bumi Kalau Dijual? - another words

Popular

Banner Ads

Minggu, 06 Desember 2020

Berapa Harga Bumi Kalau Dijual?

Foto : detik.com

Bumi yang menjadi tempat tinggal dan yang paling berharga dan juga memiliki nilai yang tak ternilai harganya. Tapi seandainya Bumi dijual tentunya kita penasaran berapa ya kira-kira harganya ?


Greg Laughlin, asisten professor astronomi dan astrofisika dari University of California, Santa Cruz, AS, memiliki perhitungan mengenai hal ini. Dalam perhitungannya, tentu saja juga meliputi sumber daya Bumi dan nilai yang ditawarkan kepada manusia juga menambah biaya nyata yang tidak diketahui.


Seperti yang dikutip dari Mental Floss, "Manusia memang tidak perlu khawatir untuk membeli atau menjual Bumi, tapi memikirkannya dalam kerangka angka konkret dapat membantu kita lebih memahami nilainya."


Menurut Laughlin, Bumi bernilai sekitar USD 5 kuadriliun (USD 5.000.000.000.000.000) atau kalau di rupiahkan adalah sekiar Rp. 70 kuintiliun (Rp 70.000.000.000.000.000.000). Untuk mendapat nilai harga ini, dilakukan setelah mengukur massa planet, suhu, usia, dan faktor lain yang berkorelasi langsung dengan kemampuannya untuk mempertahankan kehidupan.


Untuk menekankan betapa berharganya Bumi, Laughlin juga memperkirakan nilai planet lain di tata surya kita. Misalnya, tetangga terdekat kita yaitu Mars, yang memiliki harga sekitaran hampir sama dengan mobil bekas yakni seharga USD 16.000 (sekitar Rp. 226 juta). Mars lebih beruntung dibandingkan Venus, karena menurut Laughlin planet Venus hanya dihargai sebesar satu sen.


"Tentu saja saya tidak berharap angka-angka perhitungan ini diapliksikan di dunia nyata. Sebaliknya, saya berharap ini akan menginspirasi penduduk Bumi untuk lebih menghargai satu-satunya rumah kita." Ujar Laughlin/


Laughlin bukanlah orang pertama yang berhipotesa terhadap sesuatu hal. Sebelumnya, juga pernah ada yang membuat perhitungan harga Death Star dari Star Wars sebesar USD 852 kuadriliun, berkali-kali lipat dari pekiraan yang dibuat Laughlin untuk Bumi


Sumber : inet.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar