Bagaimana Caranya Mengamankan Akun Kita - another words

Popular

Banner Ads

Selasa, 01 Desember 2020

Bagaimana Caranya Mengamankan Akun Kita


Facebook, instagram, email, discord, dan lainnya, tentunya kita semua memiliki salah satu akun dari yang saya sebutkan sebelumnya, entah kalian memilikinya hanya satu saja ataupun lebih, bahkan tidak mungkin kalau kalian juga memiliki banyak sekali akun, sehingga kadang lupa dan tidak dapat akses karena lupa password dan sebagainya.
Hal seperti ini sangatlah lumrah dan sering terjadi, terutama untuk kalangan orang tua yang baru melek ke dunia internet, yang dimana untuk keamanan akun ini sangat tidak dihiraukan kadang malah minta dibuatkan email di kios yang dimana password dan email tentunya orang lain mengetahui. 

Mungkin nanti akan saya buatkan juga tutorial untuk membuat email dan lainnya, sehingga paling tidak akan terbantu dan dapat membuat sendiri.

Oke, kembali ke topik pembahasan kita, mengamankan akun kita, tentu saja mau seberapa aman kita membuatnya kalau sedang memang kejadian pasti akan bobol juga, tapi tidak ada salahnya memberikan proteksi tambahan pada akun yang kita miliki akan memberikan perasaan aman.

Berikut saya jabarkan secara singkat untuk mengamankan akun kita.

1. Email
Selalu buat 2 email, yang dimana email utama ini hanya akan digunakan sebagai email recovery, dan tidak gunakan untuk terhubung ke hal lainnya, cukup jadikan saja email ini sebagai email recovery, yang dimana jika sewaktu-waktu kita lupa password atau hal lainnya, kita dapat mengembalikannya akun email lainnya dengan email recovery ini.

2. 2nd Authentication
Ketika kita membuat akun, entah itu akun apapun, instagram, twitter, facebook, dll, semuanya pasti membutuhkan email untuk login dan password, tetapi jika hanya ini saja sangatlah tidak aman, dan rentan, jadi silahkan aktifkan 2nd Authentication, pada setiap aplikasi media sosial biasanya memiliki fitur ini, jika ada fitur ini diharapkan mengaktifkannya.

Mengaktifkan 2nd Authentication juga terbagi menjadi 2 :

1. Menerima token dari SMS, WA, dan lainnya.

2. Menggunakan aplikasi seperti Google Authenticator, dan aplikasi serupa lainnya.

Gunanya dari mengaktifkan fitur ini adalah, ketika kita melakukan login ke perangkat baru, maka akan di minta token yang dimana token ini akan di dapatkan sesuai dengan apa yang kita setup pada saat mengaktifkan fitur ini.

Tentu saja dengan adanya fitur ini, Anda akan lebih aware dengan akun-akun yang dimiliki, sehingga ketika ada yang mencoba untuk masuk atau mencoba-coba login akan ketahuan karena terkirim kode token yang seharusnya diminta ketika dibutuhkan, begitu juga dengan aplikasi seperti google authenticator yang dimana tokennya akan selalu berubah acak, dalam hitungan kurang lebih 1menit atau kurang.

3. Gunakan Password Berbeda
Usahakan untuk menggunakan passwod yang berbeda pada setiap akun yang dimiliki, jika merasa sulit, disarankan untuk mengganti password paling tidak 6 bulan sekali, atau kalian juga bisa menggunakan aplikasi untuk save passwod untuk hal ini bagi saya pribadi saya sebenarnya tidak menyarankan, karena mau bagaimanapun tetap lebih aman jika kita sendiri yang mengtetahui password kita.

Oke, mungkin ini saja tips yang dapat saya bagikan dalam bagaimana caranya mengamankan akun kita, tidak banyak memang tapi semoga dapat membantu, tetap selalu aware dengan aktivitas akun yang dimiliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar